Revitalisasi Karebosi Sesuai Site Plan


Ini adalah salah satu bagunan Karebosi yang akan segera rampung











(Sumber foto:www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=51384...)

Makassar, Revitalisasi Lapangan Karebosi yang dikerjakan PT Tosan Permai Lestari sudah sesuai site plane yang ada. Karena, rumor komersialisasi yang dihembuskan sekelompok masyarakat di atas lapangan tersebut tidak terbukti, justru pengerjaannya sesuai standar yang ada. Anggota Komisi C DPRD Makassar Bidang Pembangunan Rudy Pieter Goni mengungkapkan, sejak dikerjakan Oktober 2007 lalu pembangunan proyek revitalisasi Karebosi hasilnya luar biasa, sebab apa yang digambarkan dalam site plan maupun maketnya tidak ada yang menyimpang.

Bahkan,jelas Rudy,konsep lapangan upacara yang dilengkapi dengan tenda berukuran cukup besar menyerupai konsep pembangunan lapangan olahraga di Singapura, dan bisa dikatakan model lapangan ini baru satu-satunya yang ada di Indonesia. “Luar biasa.Tidak pernah terbayangkan sebelumnya melihat kondisi Karebosi yang sekarang dengan sebelum ada penataan, hasilnya sungguh menakjubkan karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan sosial,”katanya.

Sekretaris DPD PDIP Sulsel ini menyebutkan,jika proyek ini kelar banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat Makassar, selain bangunan ini akan menjadi landmark kota atau alun-alun kota serta sejumlah sarana olahraga akan tersedia dengan baik di kawasan ini.
“Tidak ada unsur komersial yang ditemukan di proyek Karebosi, justru yang terjadi upaya penataan untuk kenyamanan masyarakat menggunakan Lapangan Karebosi kian ditingkatkan,”terangnya. Rudy mengungkapkan, meski hasilnya bagus yang perlu dipikirkan oleh Pemkot dan Pengembang yakni sistem pengelolaan lapangan ini.

Apakah akan dibentuk unit pelaksana teknis (UPTD) seperti Pantai Losari untuk melakukan pengawasan dan pemeliharaan lapangan, ataukah diserahkan ke pengembang dengan menetapkan perjanjian jangka waktu yang menjadi tanggung jawab pemkot.

“Seluruh fasum dan fasos di kawasan Karebosi seperti toilet sebaiknya tidak dipungut biaya ke masyarakat, sehingga tidak ada kesan kawasan ini dikomersialkan,” ujarnya. Sementara Direktur PT Tosan Permai Lestari Asran Rizaly memaparkan, saat ini progres pembangunan sudah mencapai 72%, dan dipastikan pada 17 Agustus mendatang lapangan upacara sudah bisa digunakan oleh Pemkot dan masyarakat lainnya.

“Lapangan upacara sisa finishing pemasangan atap dan pemasangan beberapa rumput di sekitarnya untuk menambah suasana sejuk di sekitar lapangan,” ujarnya. Asran mengatakan, penyelesaian proyek revitalisasi dijamin tidak ada unsur komersialisasi di atas areal lapangan, sebab untuk aktivitas perekonomian dilakukan di basementdengan menyiapkan sekitar 600 kios yang dilengkapi musala,areal parkir, serta sarana lainnya. Jika anda ingin melihat teks aslinya kunjungi:http://makassarkota.go.id/content/view/1826/152/

0 Comments: