Makassar, 1 September 2008. Foto ini diambil pada hari minggu 31 Agustus 2008. Balaikota adalah tempat berkantornya kepala dinas Makassar, pegawai pemerintah makassar dan juga kantor walikota makassar. Namun dibalik pembanguna menara balaikota ternyata ada masalah serius yaitu Gedung di tengah-tengah Balaikota Makassar itu semula direncanakan selesai pada November lalu. Peresmian direncanakan bertepatan dengan hari lahir Kota Makassar 9 November 2007 . Tetapi, kontraktor, PT Nusa Cipta Realti, gagal menyelesaikannya tepat waktu. Padahal pembangunannya sudah berusia dua tahun lebih.
Pemerintah kota sudah memberikan perpanjangan dua kali, pertama pada Februari dan kedua pada Agustus 2007. Karena gagal menyelesaikan tepat waktu, pemerintah kota memberikan denda maksimal Rp 2,2 miliar atau sebesar 5 persen dari nilai proyek.
Kepala Bidang Perumahan dan Bangunan Dinas PU Kota Makassar, Tajuddin Lamase, menjelaskan, nilai proyek ini Rp 45 miliar, terdiri dari menara 15 lantai dan gedung parkir enam lantai. Model pembiayaan voorfinancial sharing, yaitu ditalangi dulu oleh kontraktor dan pemerintah membayarnya secara periodik.
"Khusus untuk menara, progresnya telah mencapai 88 persen. Sementara gedung parkir enam lantai memang belum kita sentuh. Kita fokuskan dulu pada menara ini. Gedung parkir akan dikerjakan setelah menara selesai dengan proses tender lagi," katanya.
Fisik menara balaikota sudah tampak berdiri. Hanya saja finishing-nya yang belum dikerjakan. Pekerjaan tersisa adalah pemasangan perabot, blower AC, partisi ruangan, plafon dari lantai empat hingga ke lantai 15, serta mekanikal dan elektrikal gedung.

0 Comments: