Tol Seksi IV Dinyatakan Laik Operasi

Makassar, 20 September 2008. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Departemen Pekerjaan Umum mengeluarkan/menerbitkan sertifikat laik operasi bagi Jalan Tol Seksi IV (JTSE) di Jakarta, Jumat (19/9).
Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT JTSE Aslam Katutu melalui ponsel usai mengikuti rapat di Sekretariat Negara.
 "Salah satu syarat awal operasi suatu jalan tol yakni harus memiliki sertifikat laik fungsi operasi. Ini berarti ruas JTSE Makassar dapat beroperasi layaknya sebuah jalan tol," tutur Aslam.
Namun, menurutnya, untuk mulai ditetapkan masa komersial atau berlaku tarif tol pihak PT masih menunggu surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum yang akan segera diterbitkan menyusul berdasarkan sertifikat laik fungsi operasi.
Tarif tol yang akan diberlakukan di ruas JTSE dipastikan lebih tinggi dari tarif selama ini, menjadi Rp 6.000 untuk kendaraan golongan I yakni sedan, jip pikap, truk kecil dan bus.
Tarif Rp 6.000 berlaku untuk rute Jembatan Tallo menuju Mandai, demikian pula sebaliknya. Sedangkan untuk perjalanan Kima (Parangloe)-Jembatan Tallo, Kima-Mandai dan Baddoka- Jembatan Tallo hanya dikenakan tarif Rp 3.000.(lihat tabel).
Ruas jalan tol yang menghubungkan pusat Kota Makassar ke Bandara Sultan Hasanuddin itu telah diujicoba operasi sejak 18 September lalu.
Sebelumnya, pendiri Bosowa Corporation, Aksa Mahmud, mengungkapkan, jalan tol sepanjang 11,5 km itu kini digunakan sekitar 36 ribu kendaraan per hari.
"Ada peningkatan pengguna jalan tol yang cukup signifikan. Sebelumnya hanya sekitar 22 ribu hingga 24 ribu kendaraan per hari," ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

SBY Resmikan Bayar Pakai Smile Card

JALAN tol seksi IV akan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jumat (26/9). Peresmian itu bersamaan dengan peresmian Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan pengoperasian Kapal Pelni.
Serimoni pengoperasian jalan tol akan ditandai dengan transaksi pembayaran tarif tol dengan menggunakan Smile Card di Gerbang Tol Bringkanaya oleh SBY.
Smile Card merupakan kartu pelanggan pengguna tol dengan sistem voucher/elektronik. Pengguna tinggal menggesekkan Smile Card tiap lewat gerbang tol. Itu untuk mengurangi waktu transaksi dan memudahkan pengguna jalan tol.Sumber:http://www.tribun-timur.com/

0 Comments: